Powered By Blogger

Selasa, 16 Agustus 2011

DERBANG Kali Konteng


Pancing'ers yang biasa bersandar di sungai-sungai di wilayah pesisir selatan Jawa tentu tak asing dengan istilah DERBANG. Bagi yang belum tahu, pada posting ini akan disharekan tentang si DERBANG.

Derbang singkatan dari Wader Abang sejenis ikan tawes yang memiliki warna abang (merah) pada ujung sirip-siripnya. Selain Derbang, istilah nama lain ikan ini yang dikenal dikalangan pancing'ers sungai adalah Bader atau Beles. Habitat ikan ini di sungai air tawar yang akan menuju muara. Ikan ini biasanya ditemui di air sungai yang tenang.

Nah bagi pancing'ers yang bermukim di kota Jogja yang ingin berjoran ria dengan si derbang bisa bersandar di sepanjang Kali Konteng.  Tempat favorit pancing'ers bersandar di kali konteng yang berada di dekat Gunung Sempu adalah di seputaran Padepokan Bagong Kusudiharjo, bawah jembatan perumahan Gunung Sempu, Kretek Sesek, seputaran rumah Joko Pekik (menuju tempuran  sungai Bedog. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja (sekitar 8 km) bisa menjadikan daya tarik untuk mengisi waktu luang pancing'ers selain. Kondisi Kali Konteng yang bisa dikatakan cukup nyaman dan lumayan bersih untuk para pancing'ers. Selain itu di Kali Konteng setiap tahunnya selalu ditaburi oleh warga yang peduli dengan keberadaan sungai dan senang sungainya banyak dikunjungi pancing'ers. Berbagai macam jenis benih ikan yang ditabur seperti Bawal, Nila, Lele dan sebagainya. Kondisi Kali Konteng juga didukung masyarakat sekitar Kali Konteng terutama bagian bawah dengan berbagai kampanye larangan seperti buang sampah di sungai, stroom, menjala, meracun dan didukung dengan sanksi sosial masyarakat. Biasanya pada hari libur akan lebih banyak pancing'ers yang bersandar di Kali Konteng.

Nah untuk soal umpan dan teknik apa yang digunakan pancing'ers untuk mendapatkan si derbang merupakan suatu hal yang sulit dijawab. Dari rapor pancing'ers yang pernah mendapatkan ikan tersebut di Kali Konteng banyak sekali alternatif umpan dan tekniknya  serta tingkat keberhasilannya juga bermacam. Kadang pakai umpan A dan teknik A hari ini berhasil tetapi dicoba lg keesokan harinya belum tentu berhasil. Namanya juga pancing'ers harus telaten dan ulet untuk mendapatkan targetnya. Coba ini, coba itu....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Facebooker

Pengikut