Powered By Blogger

Minggu, 14 Agustus 2011

PASTY

PASTY atau Pasar Satwa dan Tanaman Yogyakarta hari Minggu ini dipadati oleh pengunjung. Mulai yang hanya sekedar melihat-lihat sambil "momong" anak, jalan-jalan menikmati libur pada bulan puasa sampai yang terlibat transaksi jual-beli bahkan tukartambah burung kicau yang biasanya dilakukan penggemar. Ada yang beli pakan, beli perlengkapan aksesoris kurungan, beli burung kicau, bahkan ada yang tukar tambah burung kicau. 


Boyongan
Keberadaan PASTY tidak terlepas dari peran Pemerintah Kota Yogyakarta, dimana pada 22 Maret 2010 "memboyong" pedagang pasar burung Ngasem menuju ke kawasan BAJ (Bursa Agro Jogja) yang terletak di Jalan Bantul Km.1 Dukuh Dongkelan (1 km arah selatan Pojok Beteng Kulon atau 100 m arah utara perempatan Ringroad Selatan Dongkelan).  Boyongan ini dilakukan bertautan dengan rencana Pemkot Jogja untuk menata kembali kawasan Istana Air "Tamansari" dimana pasar Ngasem merupakan pintu masuk utama menuju Pulau Cemeti dan Sumur Gumuling yang menjadi salah satu ikon kawasan Tamansari. Tidak hanya pedagang burung di bagian sisi timur pasar Ngasem (acapkali disebut pasar Ngasem "lanang"), akan tetapi pedagang sayur, kelontong dan ikan dibagian sisi barat pasar Ngasem (acapkali disebut pasar Ngasem "wedok") juga harus boyongan ke eks-balai milik dinas kesehatan.  Hal ini dilakukan guna merealisasikan rencana pemkot untuk merenovasi pasar menjadi pasar / lapak-lapak bagi pedagang cinderamata dan kerajinan sehingga para turis lokal maupun manca yang berkunjung ke kawasan Kraton dan akan menuju ke kawasan Tamansari dapat berbelanja di pasar tersebut selain di daerah Rotowijayan.


Kombinasi
PASTY menawarkan kombinasi bagi pelancong dan pengunjungnya. Kawasan PASTY yang menempati eks-balai hortikultura ini terbagi 2 bagian yaitu sisi Barat jalan dan sisi Timur Jalan.
  1. Pada sisi Timur jalan terdiri dari pedagang satwa (dominan burung kicau), pedagang kurungan, pedagagan pakan alami dan pedagang pakan pabrikan serta aksesoris kelengkapan penghobi burung kicau. Selain itu di sisi Timur bagian Utara bagi penggemar kuliner, disana terdapat berbagai macam makanan.
  2. Pada sisi Barat jalan terdiri dari pedagang ikan dan tanaman hias. Selain itu disisi barat juga ada warung yang menghuni bangunan eks-stasiun Dongkelan.
Tata letak kawasan PASTY juga memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Mulai dari tanaman perindang yang memberi suasana teduh, kebersihan los-los kios, toilet, mushola, dan taman.  Akses pengunjung dari luar kota  ke PASTY juga mudah hal ini dikarenakan dekat dengan Ringroad dan mudah dijangkau dengan angkutan umum bis antar propinsi dan antar kota.


-------------------------------Pastikan anda berkunjung ke PASTY----------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Facebooker

Pengikut