Powered By Blogger

Senin, 26 Maret 2012

Earth Hour : gerakan satu jari matikan lampu listrik untuk bumi

Tahun 2012 merupakan tahun keempat aksi "Earth Hour" akan dilakukan di Indonesia. Sejak tahun 2009 Indonesia terlibat dimana pada awalnya fokus kampanye dilakukan di Pulau Jawa dan Bali yang konsumsi listriknya paling tinggi mencapai sekitar 78 persen disebabkan 68 persen pengguna konsumen berasal dari kedua pulau tersebut. Pada tahun ini sedikitnya 18 propinsi (Banda Aceh, Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Surabaya, Kediri, Sidoarjo, Banjarmasin, Samarinda, Manado, Gorontalo dan Makassar). Jumlah tersebut jauh meningkat dari tahun sebelumnya dimana di pulau Jawa saja hanya ada 5 kota yang terlibat. Begitupun dilevel dunia dimana pada tahun 2008  hanya terdapat 35 negara yang terlibat menjadi 135 negara yang terlibat di tahun 2011.

Earth Hour sendiri diprakarsai oleh WWF (World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang bertujuan mengajak semua orang untuk mematikan lampu dan peralatan listrik baik di rumah, perkantoran, fasilitas umum selama 1 (satu jam) guna meningkatkan kesadaran semua orang atas perlunya tindakan nyata hemat energi untuk meredam/mitigasi perubahan iklim. Earth hour sendiri dicanangkan WWF pada tahun 2007 di Sidney Australia.

Earth Hour 2012 kali ini akan dilaksanakan pada 31 Maret jam 20.30 - 21.30 dengan mengusung tema "INI AKSIKU! MANA AKSIMU?" Harapan dari kegiatan kampanye ini adalah tindakan aksi lanjutan dimana gaya hidup hemat energi tidak cukup hanya berpartisipasi dalam earth hour saja tetapi harus berkelanjutan setiap hari dan perubahan gaya hidup ramah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Facebooker

Pengikut