Powered By Blogger

Kamis, 29 Maret 2012

Kuliner Sate Kambing Jogja dan sekitarnya

Sate merupakan makanan yang lazim dijumpai di Indonesia. Bahkan presiden amerika yg pernah singgah sebentar di Indonesia semasa kecilnya juga akrab dengan kata Sate. Banyak daerah di Indonesia memiliki ragam khas tentang sate. Bahan utama juga bermacam-macam mulai daging ayam, daging kambing, daging sapi, daging kelinci, daging kuda, daging kebo, dan daging2 lainya. Pengolahannya ada yang di bakar, digoreng sedangkan penyajiannya ada yang pakai bumbu kacang, bumbu kecap, bakar pakai garam, dsb.
Nah sekedar berbagi referensi maka kali ini akan mengulas kuliner sate kambing di Jogja dan sekitarnya :

  1. Sate Klathak Imogiri :  dibuat dengan proses dibakar dan hanya dibumbui garam saja. Banyak dijumpai di wilayah Imogiri Bantul (yang kondang dan klasik ada di dalam pasar imogiri) yang berada sekitar 4 - 5 km arah selatan terminal bus Giwangan Yogyakarta. Teman santap sate yang cukup lazim disana adalah minuman jeruk panas gula batu.
  2. Sate Kronggahan : dibuat dengan proses digoreng dengan bumbu kecap. Lokasi 1,2 km arah barat terminal bus Jombor Yogyakarta ( sampai ketemu pertigaan ada pohon beringinnya). Peak time jam makan siang dan jangan kesana setelah jam 14.00 krn biasanya sdh habis.
  3. Sate Petir Menayu : dibuat dengan proses dibakar dengan bumbu kecap dan cabai. Dinamakan petir karena rasa pedasnya. Lokasi di Ringroad selatan Jogja (1/4an ringroad madukismo ke barat 1 km dekat jembatan kali bedog. Buka pada siang hari.
  4. Sate Ngasem : dibuat dengan proses dibakar dengan bumbu kecap. Lokasi di Ringroad selatan Jogja (1/4an ringroad madukismo ke utara 50m dekat miniatur masjid baiturahman aceh). Meskipun lokasinya tidak di ngasem tetapi masih menggunakan nama sate ngasem. Cerita punya cerita, warung sate ngasem dahulu memang buka jualan di dekat pasar ngasem, kemudian pindah ke bugisan dan terakhir pindah di keloran. Warung sate ini merupakan warung sate yang sdh cukup lama di jogja. Peak time jam makan siang. Sekedar info bila ke sate ngasem harap sabar nunggunya krn prosesnya agak lama.
  5. Sate Wedi Klaten : dibuat dengan proses dibakar dengan bumbu kecap. Di wedi klaten banyak dijumpai warung sate seperti di imogiri kalau di jogja. Nah yang maknyus adalah sate tali roso berlokasi 50m arah selatan pasar wedi. Selain porsinya yang mantap juga penyajiannya cepat. Peak time jam makan siang.
Ada lagi yang punya referensi lain?



Dimas : Dik bapakmu tukang sate ya...?

Diajeng : Kok tahu mas...

Dimas :  Karena diajeng telah menusuk dan membakar hatiku..

Diajeng : Maaf mas, kalau lamaran mas telah ditolak bapakku...

1 komentar:

  1. Thanks beroo...
    Udah tahunan gak makan sate embek.. Melarat inpoh saya, akhirnya nyasar di sini heee.. Seepp

    Semoga amal ibadah Anda (terutama terkait perihal sharing ini) diterima disisi-Nya. Aamiin.


    Salam kenaaal :)

    BalasHapus

Komentar Facebooker

Pengikut