Powered By Blogger

Rabu, 28 Maret 2012

Siapkan Keluarga Anda dengan Tas Siaga

Kesiapsiagaan bencana sebagai salah satu cara untuk mengurangi resiko bencana. Kesiapsiagaan dapat dilakukan dilevel kelompok masyarakat dalam suatu wilayah, dilevel keluarga dan dilevel individu. Keluarga yang merupakan struktur terkecil memiliki peran vital dalam kehidupan dimasyarakat demikian halnya peran dalam upaya-upaya pengurangan resiko bencana. Kesiapsiagaan dilevel keluarga dalam persiapan langkah darurat dan berbagi peran seperti :
- jalur evakuasi di dalam area rumah dan di sekitar rumah yang aman.
- adanya tas siaga dan peran siapa yang selalu mengecek dan merawat kondisi isi tas, yang bertanggungjawab membawa jika kondisi darurat.
- siapa anggota keluarga yang berperan menyimpan nomor kontak telepon penting, darurat dan kebencanaan.
Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini akan dibahas mengenai TAS SIAGA.


Tas siaga merupakan perangkat kesiapsiagaan tingkat keluarga. Tidak hanya sebatas pada bencana tetapi juga dalam kehidupan keseharian. Tas siaga dapat dibuat sendiri dengan memanfaatkan barang-barang bekas sperti kantong gandum, bekas raincoat/mantel sampai yang dibuat secara khusus dengan bahan parasit yang kedap air.
tas siaga yg dibuat paguyuban jaga bebaya bantul terdiri dari kantong utama, kantong depan utk obat2an, kantong samping utk identitas keluarga pemilik dan cek list isi tas
Keperluan apa yang perlu disiapkan dalam tas siaga ?
antara lain : cadangan bahan makanan dan air minum, pakaian cadangan, perlengkapan mandi, senter, obat2an ringan dan cadangan obat khusus, radio baterai, jika punya balita siapkan keperluan cadangannya, cadangan sarung/selimut/jarik, surat2 berharga/kopiannya.

Selain isi keperluan yang disiapkan dalam tas siaga juga perlu dilakukan perawatan rutin terhadap isi tas misalnya kondisinya (terutama bahan makanan, minuman, obat2an). Akan lebih baik jika dilakukan penggantian secara berkala.

Siapkan Keluarga Anda dengan Tas Siaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Facebooker

Pengikut